Sabtu, 21 Februari 2015

Mengatasi FPS Drop / Stutter Saat Bermain Game [Part I]

Ya mungkin postingan kali ini aga' OOT, tapi gapapa lah, siapa tau bermanfaat. Kali ini gue mau berbagi tips/cara menghilangkan/meminimalisir terjadinya stutter saat bermain game. Sebelumnya kalian udh tau apa itu Stutter ? Stutter adalah kejadian dimana terjadi penundaan yg tidak teratur antara frame yang diberikan oleh GPU, yg menyebabkan frame rate sesaat mengalami delay secara signifikan, yg menyebabkan frame rate lebih rendah dari frame rate yang dilaporkan oleh benchmarking aplikasi, seperti 3DMark, karena mereka biasanya menghitung frame rate rata-rata selama interval waktu yang lebih lama. Dalam frame rate yang lebih rendah ketika efek ini dapat terlihat, video bergerak tampaknya lagging, sehingga pengalaman gameplay menjadi rusak dalam kasus video game, meskipun frame rate yg tampaknya cukup tinggi.
Itulah penjelasan singkat mengenai Stuttering, di sini gue akan memberikan beberapa metode ::


A. Mematikan Fitur Turbo Boost (Prosesor)
Karena ketika Turbo Boost aktif, Prosesor akan bekerja secara keras, sehingga menghasilkan suhu yg tinggi, nah ketika suhu sudah melebihi batas maximum, maka Prosesor akan menurunkan kinerjanya, yg berdampak pada turunnya kecepatan clock Prosesor tersebut, yg menyebabkan Game tersebut kehilangan Powernya, dan terjadilah FPS Drop/Stuttering. Berikut Tutornya ::

* Menggunakan Aplikasi Throttle Stop
ThrottleStop merupakan aplikasi gratis yg memungkinkan penggunanya untuk mematikan fitur Turbo Boost,
- Anda bisa mendownload Aplikasinya di SINI
- Extract kulit manggisnya  file nya
- Buka Aplikasi ThrottleStop


- Setting sesuai tipe Prosesornya (clock speed)

di sini gue pake i5 4200U yg memiliki clock default 1.6GHz dan Turbo pada 2.6GHz. Dan gue setting (lock max) 2.3GHz, sehingga fitur Turbo Boost tidak aktif.

- Setelah itu, klik "Turn On" pada pojok bawah kanan, sehingga tampilan menjadi seperti ini


- Minimize kan tampilan dari aplikasi tersebut, and enjoy your game.

* Mensetting Power Plan
Tujuan dari cara ini hampir sama, yaitu mematikan fitur Turbo Boost pada Prosesor dan menjaga stabilitas Prosesor.
- Klik icon Baterai di bawah kanan (Task Bar)
- Klik "More Power Option"
- Pilih "High Performance" atau kalian bisa membuat Power Option baru.
- Klik "Change Plan Setting" di sebelah kanan
- Klik "Change Advanced Power Setting"
- Dan set seperti ini atau kalian mau bereksperimen untuk mendapatkan Performa yg pas.
Minimum Processor State adalah ukuran batas minimal kinerja Prosesor, di sini gue set 95% agar tidak terlalu mepet sama batas Max-nya. Dan Maximum Processor State-nya gue set 99%, kenapa ga 100% ? nah ini bertujuan menjaga agar Turbo Boost tidak aktif (TB akan aktif pada 100%). Jika fitur TB msh aktif, coba turunkan lagi dari 99% ke 98% misalnya.

- Klik Apply, and enjoy your game [again]

Ya itulah tutorial untuk mematikan fitur Turbo Boost pada Prosesor, yg dapat membantu menghilangkan/meminimalisir terjadinya Stuttring. Tutor lainnya akan menyusul segera, so stay tune.. babay :*

1 komentar:

Designed By Blogger Templates